top of page
No tags yet.

SEARCH BY TAGS: 

RECENT POSTS: 

Pake Foundation, Jangan?

Hi guys!


Masih berhubungan dengan postingan Get To Know Me Challenge #BeautyEdition, aku kan mention bahwa aku enggak punya foundation sama sekali and it is actually weird for some people (re: beauty enthusiast) karena sebagai pecinta makeup, aku seharusnya at least punya satu foundation but the truth is I don't have any kind of it.


Setelah dipikir-pikir, kayaknya menarik ya untuk dibahas? Iya enggak? Hehe ok everyone, so here are some reasons why I think that I should be foundation free.




#MOTD. Using Maybelline Fit Me! Concealer - 25 Medium as base.


1. Kena "Sihir" Concealer


Yup and it is required to put it as my third makeup step after sunscreen and primer. Ada cerita lucu sih dibalik pemilihan concealer dibandingkan foundation ini. Jadi, sewaktu kulit aku masih jerawatan di seluruh area wajah, aku baca rubrik Beauty dari Harper's Bazaar Indonesia yang menjelaskan bahwa kulit jerawatan enggak direkomendasikan untuk pakai foundation melainkan concealer karena lebih ringan. Entah kenapa, aku langsung "tersihir" dengan kalimat tersebut dan memutuskan untuk enggak pakai foundation sama sekali.


Enggak hanya "tersihir" dari Harper's Bazaar, Dr. Dewi Martini, dokter kulit aku juga mengatakan bahwa aku sebaiknya enggak pakai foundation karena akan terasa "berat" di kulit wajahku. So, untuk menghindari timbulnya jerawat lagi, aku prefer untuk enggak pakai foundation.


Another story is coming from the conversation I had with a girl. Aku lupa sih namanya but we met at The 2017 International Makeup Expo aka IMAE. Waktu itu aku lagi magang di sebuah perusahaan kosmetik dan jaga booth di sana. Nah, ada cewek yang datang ke booth aku dan mau coba produk complexion yang saat itu lagi perusahaan kosmetik aku promosiin ke orang-orang untuk dicoba. Singkat cerita, cewek itu cerita ke aku bahwa dia lagi mengurangi "jatah" foundation dan lebih prefer pakai concealer beserta loose powder karena wajahnya lagi breakout. Again, aku pun "tersihir" untuk enggak pakai foundation. Apalagi, aku udah cinta banget dengan concealer yang sekarang aku pakai.




2. Takut "Jatuh Cinta"


Jauh sebelum magang di perusahaan kosmetik, aku pernah magang sebagai fotografer di Puspita Martha International Beauty School dan bulan Mei 2017 lalu, aku berkesempatan datang ke Jakarta X Beauty-nya Female Daily untuk mendokumentasikan makeup demo murid-murid. Ada satu orang murid yang ngobrol dengan aku tetapi aku lupa namanya T.T pokoknya dia ibu muda asal Lombok yang udah punya tiga anak. Sewaktu makan siang bareng, aku tanya sama dia soal makeup from A to Z karena aku butuh riset untuk Tugas Akhir. Untungnya dia mau jawab semua plus kasih tips makeup ke aku, yaitu jangan terlalu sering pakai foundation.


Menurut dia, kunci keberhasilan makeup adalah di pemakaian foundation. Kalau foundation udah bagus, look-nya pasti akan bagus dan itu akan bikin orang ketagihan untuk pakai foundation which means, bikin orang "jatuh cinta" dan tentu aja bahaya buat kulit.


Masih berhubungan dengan nomor 1, aku pun kena "sihir" lagi dari obrolan tersebut. Hahaha tetapi iya sih, aku takut "jatuh cinta", apalagi kalau ketemu foundation yang pas dengan kulit wajahku dan dalam sekejap bisa bikin kulit wajah aku kelihatan flawless... Oh no! :D




3. Belum Ketemu "Jodoh"


Terlepas dari semua itu, sejujurnya aku pengen banget cobain foundation loh but unfortunately, aku belum menemukan foundation yang cocok dengan kulit wajahku. Ibarat mencari jodoh yang dipertimbangkan dari bibit bebet bobot, banyak faktor yang membuat aku sampai saat ini belum berani pakai foundation. Pertama, udah pasti dari harga. Well, banyak sih drugstore foundation yang harganya friendly tetapi sekalinya available, ada kandungan Fragrance di ingredients-nya. Terus, menurut aku, faktor packaging juga menjadi pertimbangan. Kalau rawan pecah kan sulit ya untuk dibawa-bawa atau gampang tumpah. Again, sekalinya ada yang hampir cocok (dari faktor harga, ingredients dan packaging), eh shade yang masuk ke kulit aku enggak ada T.T memang belum jodoh sih sepertinya ya.


Nah, itu dia alasan-alasan yang menjadi pertimbangan aku dalam membeli foundation but, bukan berarti aku enggak punya wishlist dong. Yup, ada satu foundation yang pengen banget aku coba karena menurut beberapa beauty vlogger yang masalah kulitnya sama dengan aku, foundation ini cucok banget dan foundation itu adalah....


The Body Shop Matte Clay Skin Clarifying Foundation


Selain range warnanya yang banyak (dan sepertinya ada yang cocok dengan aku), kandungan produk ini seems to be friendly with acne prone skin. I mean, no Fragrance and Alcohol plus it is a Vegan and Cruelty Free product! Yay, right? Packaging-nya bukan terbuat dari beling so ini aman untuk dibawa jalan-jalan. Harganya pun masih di bawah 200 ribu dan banyak review yang mengatakan bahwa foundation ini bagus.


So, pake foundation, jangan? Hahaha. Kalau udah kebeli (atau ada yang mau beliin), aku akan coba dan review di journalnjourney as soon as possible ya. Atau ada yang udah pakai foundation ini? Let me know!


Okay everyone, that's it. Semoga postingan ini bermanfaat ya and see you on the next blog post!

LOVE,

bottom of page